Friday, July 24, 2009

Bahasa SMS ABG masa kini

W mw dUnkz jLn br9 u lgeeh. cuZ U co P1 yg pLin9 w caYnk. Ugh cN3nkh de9h kLo u dtG k hum W. Rsx w 9 mw dtgal u c.

Hayoo, ada yang bisa mengartikan kalimat di atas?

YuPz u cMua pStix biNun n pSynk!

Semakin lama dilihat semakin bikin brain damage ya?
HAHAHAHA... begitulah "kreativitas" ABG masa kini [baca: tahun 2008-2009]. Mengapa aku bilang "kreatif"? Karena mereka berhasil mengelabui dan membuat bingung orang-orang kebanyakan [baca: orang tua dll yang umurnya setidaknya, mungkin, 6 tahun di atas mereka] dengan "bahasa sandi" mereka.

Entah darimana asal muasal tulisan dan pengejaan tersebut. Diajarin di sekolah? Ya gak mungkin lah! Diajarin di rumah? Boro-boro bonyoknya ngerti barang beginian.

Yang jelas, virus ini menular dari satu anak ke anak yang lain. Motifnya apa? Status kreatif-asik-gaul kah? Tidak juga ah. Bahasa gaul itu macam lekong, curcol, meneketehe, CDMA masih cukup lumrah lah untuk kalangan AGJ [baca: anak GAOOOL Jakarta] dan penghuni-penghuni kebanyakan. Tapi kalau bahasa SMS macam ini mah bukan bahasa gaul. BAHASA PLANET!

Beberapa kali teman-temanku bingung pabila mendapat sms ala ABG. Disodorkanlah mobile mereka padaku... dengan tampang berkerut dan bibir sedikit menganga. "Coba baca deh, maksudnya apa sih?" Mulailah aku memasuki rimba sms, mencoba menerjemahkan.

Aku cNdiRi juga bingung dengan CaPitaL-aBusE dan num3r1c-4bu5e yang dipergunakan. Apa gak pegel yah itu jempolnya? Namun apa boleh buat, kita-kita yang sudah lebih dewasa [sebagai kakak, atau pun sebagai orang tua] harus lebih jago alias gape alias pinter alias smart dUnKs untuk menganalisa dan menterjemahkan "bahasa sandi" tertera di atas. At least, we know what they're talking about, right? ;)

Lucky me, adik kecilku ga ketularan virus sms-maniac ini!

Labels: ,

2 Comments:

Blogger Valentinus Rama Kurniangga said...

sumprit, gw sebeeeeeeeeeeeeeeeel banget sama sms beginian. F*CK!!! lah pokoknya.

tapi di lain sisi, gw kagum
klo ada lomba ketik sms tercepat, mungkin mereka2lah pemenangnya.
bayangin di komputer aje, nulis pake campuran caps ama kagak susa setenga mati.

Mereka di Hape. hape... hape booo.
wkwkwk
maap lebay, tapi gw ngerti banget apa yg lo rasakan. ahahahahaha

1:42 am  
Blogger svya said...

setiap kali ngeliat sms macam ini, kepala langsung cenut2, ruangan berputar2, dan mata memicing....

-.-'

4:23 pm  

Post a Comment

<< Home